STIKOM

mari kita belajar bersama agar menjadi orang yang lebih bik dari pada hari ini,.,,

Jumat, 10 Desember 2010

KARYA ILMIAH IT

KARYA TULIS TEKNOLOGI INFORMASI

Karya Tulis
Disusun Untuk Memenuhi Tagihan
Tugas outbound
Semester 1 TP.10/11




Oleh:
Fredy Priyambodo (10.41010.0200)




SEKOLAH TINGGI KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI
TAHUN AJARAN 2010/2011



KATA PENGANTAR


     Penulis panjatkan puja-puji syukur ke hadirat Allah swt, yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepadaPenulis dalam penulisan karya ilmiah ini.
Tak lupa pula Penulis menyampaikan terima kasih kepada :

1. Rekan – rekan sejawat dari stikom yang memberikan semangat selama penulisan karya tulis ini.
2. Kepada kakak senior yang telah mengijinkan penulis untuk menulis karya ilmiah ini.

     Kepada beliau di atas semoga mendapatkan imbalan dari Allah swt. Karya tulis ini penulis sadari masih jauh dari yang penulis harapkan, sehingga penulis selalu berharap kritik dan saran yang membangun, sehingga dari penyempurnaan yang ada akan menambah mutu karya tulis ini, yang akhirnya dapat penulis sumbangkan untuk pembangunan nusa, bangsa dan negara.



Desember 2010                                                                                                   Penulis





DAFTAR ISI

Kata Pengantar………...……………………............................…...i
Daftar Isi……..………………………....................…….................ii

BAB I PENDAHULUAN
             I.1. LatarBelakang...............................................................1
             I.2. RumusanMasalah...........................................................2
             I.3. Tujuan Penulisan............................................................2

BAB II TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
             II.1. Pengertian Teknologi Informasi Dan Komunikasi...........3
             II.2. Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi..............3

BAB III FAKTOR PENDORONG BERKEMBANGNYA TEKNOLOGI INFORMASI DAN        KOMUNIKASI
            III.1. faktor - faktornya…..........................…………..........5

BAB IV UPAYA PENINGKATAN KUALITAS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI   YANG LEBIH BAIK DARI PADA SEKARANG
            IV.1  Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Era Globalisasi...6
            IV.2. Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi..........6
            IV.3. Program atau gambaran Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Masa     Mendatang......................................................................................7

BAB V SIMPULAN DAN SARAN
            V.1. Simpulan....................................................................9
            V.2. Saran.........................................................................9


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

      Teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu hal yang tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat.Teknologi Informasi pada masa sekarang ini memegang peranan penting, baik dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, geografi, agam, dan juga berbagai bidang lainnya. Teknologi Informasi merupakan suatu hal yang bisa dijadikan sarana untuk menunjukkan maju atau tidaknya suatu negara. Teknologi Informasi dopandang sebagai suatu hal yang dapat mengangkat citra bangsa, negara-negara di dunia berlomba-lomba untuk memajukan teknologi, informasi dan komunikasi.Di Indonesia, semakin banyak mahasiswa, professor, ilmuan dan lainnya turut serta mengembangkan Teknologi Informasi di Indonesia. 
      Teknologi Informasi dipandang sangat penting untuk dikembangkan di Indonesia, karena penyebab bangsa Indonesia tertinggal oleh bangsa-bangsa lain salah satunya adalah karena minimnya perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia. Kebanyakan bangsa kita lebih senang memanfaatkan Teknologi Informasi tetapi tidak banyak yang berminat untuk bisa menguasai dan mengembangkannya.Melihat dari uraian diatas, maka sudah seharusnya bangsa Indonesia berusaha untuk bangkit dan berkembang. Sebenarnya bangsa Indonesia mempunyai banyak pemuda yang mempunyai bakat dalam bidang Teknologi Informasi, akan tetapi karena mungkin keterbatasan biaya, maka mereka menjadi kurang bersemangat untuk mengembangkannya.
Ditahun era globalisasi yang semakin meningkat ini kita mau tidak mau harus mengikuti perkembangan Teknologi Informasi yang semakin berkembang pesat. Disamping itu juga kita harus mememiliki sasaran yang hendak dicapai dari upaya pengembangan teknologi informasi dan komunikasi itu di antaranya adalah untuk:

1. ningkatkan kesejahteraan, kemajuan peradaban, ketangguhan, dan daya saing bangsa.
2. Memacu pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. dan
3. Menuju masyarakat yang berkualitas, maju, mandiri, dan sejahtera.
     Makalah ini mencoba untuk mengetengahkan tentang pentingnya teknologi informasi sebagai sarana layanan informasi kepada masyarakat dalam upaya mendorong tercapainya secara optimal program pemberdayaan masyarakat.

1.2 Rumusan Masalah

      Dari penjelasan latar belakang diatas dapat saya ambil suatu pokok masalah, yaitu sebagai berikut :

1. Bagaimana memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya memahami dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat pada era globalisasi ini.
2. Memberikan informasi yang efektif dan tepat bagi masyarakat yang khususnya belum mengerti tentang teknologi informasi.
3. Bagaimana memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk hal yang bersifat positif.

1.3 Tujuan Penulisan

       Untuk memenuhi salah satu syarat tugas stikom pada acara outbound, Diantaranya :

1. Agar pembaca dapat memahami pentingnya peran teknologi informasi dan komunikasi bagi masyarakat  modern.
2. Memberikan wawasan kepada masyarakat tentang manfaat teknologi informasi dan komunikasi
3. Memberikan dorongan kepada masyakat agar berpikir dinamis untuk dapat memahami dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi.
4. Memberikan gambaran tentang perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di Indonesia.
5. Sosialisasi tentang teknologi informasi dan komunikasi yang belum diketahui oleh masyarakat.
6. Agar pembaca dapat memahami tentang teknologi informasi dan komunikasi dengan jelas.





Bab II
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

2.1 Pengertian Teknologi Informasi Dan Komunikasi

      Teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas yaitu informasi yang relevan,akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis, dan pemerintahan, dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan perkembangan budaya komunikasi pra-bicara, syarat bicara, bahasa lisan, bahasa tulisan dan visual cetakan (buku, foto, dan lain sebagainya),media elektronik magnetic (telepon, kaset, video, dan sebagainya) media komunikasi massa (radio, televisi, dan lain-lain) media telekomunikasi (satelit) sinergi media.
        Menurut puskur Diknas Indonesia tegnologi informasi dan komunikasi Teknologi Informasi mencakup dua aspek, yaitu tegnologi informasi dan tegnologi komunikasi.pertama tegnologi informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses,penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi,dan pengelolaan informasi.kedua tegnologi komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses,dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya.tegnologi informasi dan komunikasi adalah suatu padanan yang terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemprosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer atau pemindahan informasi antar media. Sesuai dengan uraian diatas, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses, menyusun, menyimpan, mengolah data dan mentransfer data informasi antar media.


2.2 Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi

      Di era globalisasi ini segala sesuatu dituntut untuk serba praktis, cepat, dan tepat, maka dibutuhkan sarana dan prasarana yang dapat memenuhi hal tersebut, diantaranya dengan adanya sebuah teknologi informasi dan komunikasi yang mampu melayani dan memenuhinya.Dengan semakin globalnya kebutuhan manusia akan informasi dan komunikasi, maka diharapkan kepada masyarakat teknologi informasi dan komunikasi dapat dijadikan sebagai :

a. Sarana pelengkap dan pembantu dalam suatu proses kegiatan yang berjalan serba cepat dan tepat.
b. Alat bantu untuk mengambil, mengolah, menyimpan, dan menyajikan informasi dengan cepat, tepat, dan efisien.
c. Bahan referensi dari berbagai aspek kegiatan dan mampu memberikan sajian data yang sesuai dengan        kebutuhan.
d. Pada bidang ekonomi Teknologi Informasi lebih ditujukan pada media pengelolaan dan penghitungan kegiatan perekonomian.
e. Di kawasan industri, teknologi informasi dan komunikasi difungsikan sebagai media produksi dan desainer barang hasil ciptaannya.
f. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan wahana pembelajaran dan penyampaian materi pendidikan yang cepat, tepat, dan efisien.
g. Sistem informasi geografi memberikan gambaran tentang data-data goegrafis yang akurat, cepat, dan tepat yang digunakan oleh badan meteorologi dan geofisika.
h. Internet, Televisi, Radio, Telepon, dan sejenisnya mempunyai peranan penting sebagai sarana komunikasi dan penyebaran informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.



Bab III
FAKTOR PENDORONG BERKEMBANGNYA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


3.1 Adapun faktor-faktor yang mendorong perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah sebagai berikut :

1. Adanya kemauan individu untuk menciptakan suatu inovasi teknologi informasi dan komunikasi baru yang berguna bagi kehidupan bermasyarakat.
2. Keadaan dimana sangat dibutuhkannya suatu teknologi yang mampu memenuhi kebutuhan.
3. Lingkungan sekitar yang membutuhkan penanganan dengan teknologi baru yang lebih sempurna.
4. Terbatasnya daya akses pada teknologi yang sudah ada.



Bab IV
UPAYA PENINGKATAN KUALITAS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI YANG LEBIH BAIK DARI PADA SEKARANG 


4.1 Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Era Globalisasi

      Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini melaju sangat pesat. apresiasi remaja bangsa kita terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat tinggi dalam hal memanfaatkannya, seperti televisi, telepon, hand phone, internet, dan lain-lain, tetapi sayang mereka kurang berminat dalam mempelajari dan memahaminya.Bila dilacak ke belakang, terdapat beberapa tonggak perkembangan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap eksistensi Teknologi Informasi saat ini.
       Komunikasi suara tanpa kabel segera berkembang pesat, dan kemudian bahkan diikuti pula oleh tranmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943, yang kemudian diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947, dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957. Perkembangan teknologi elekronika, yang merupakan soko guru Teknologi Informasi saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era perang dingin.Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan Microprosessor. Mikroprosessor inilah yang menjadi ‘otak’ perangkat keras komputer, dan terus berevolusi sampai saat ini.

4.2 Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

      Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat ini merupakan hal yang penting untuk ditingkatkan demi teriptanya suatu kehidupan yang berjalan dengan aman, nyaman, dan tentram. Adapun dampak yang ditimbulkan akibat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah sebagai berikut :

1. Dampak Positif, antara lain : 

    a. Saluran informasi dan komunikasi menjadi lebih cepat, tepat, dan akurat.
    b. Aktivitas manusia menjadi lebih lancar dan terpenuhi.
   c. Kegiatan pembelajaran akan lebih efektif efisien dan menyenangkan karena adanya teknologi yang  membantu.
    d. Penggunaaan Teknologi Informasi dalam Sistem Informasi Geografi (SIG) akan lebih meghasilkan data dan informasi tentang keadaan geografis bumi secara jelas dan tepat.
    e. Bagi para pekerja pabrik akan lebih memudahkan pekerjaannya.

2. Dampak Negatif,antara lain : 

   a. Banyaknya informasi yang kita terima sering membuat kita kesulitan dalam memilih prioritas dan menentukan kebenaran informasi tersebut.
    b. Hilangnya penghargaan atas nilai seseorang sebagai individu, digantikan dengan sederet angka identitas.
    c. Stress yang ditimbulkan oleh penggunaan peralatan dan aplikasi berbasis Teknologi Informasi, pengaruh radiasi gelombang elektromagnetik, pengaruh radiasi layer monitor, masalah persendian akibat kesalahan penggunaan keyboard dan mouse, masalah ergonomic, dan lain sebagainya.
   d. Makin banyak informasi yang kita tampilkan dan share di internet dengan atau tanpa kita sadari yang membuka peluang penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang. (contohnya : Facebook, Friendster, Twitter, dan lain-lain).
   e.Implementasi Teknologi Informasi secara besar-besaran dapat membawa dampak peningkatan jumlah pengurangan tenaga kerja di Jepara baik melalui PHK maupun menyempitnya peluang kerja bagi tenaga kerja yang tidak menguasai Teknologi Informasi.
   f. Makin menipisnya nilai-nilai budaya lokal Kota Jepara akibat pengaruh globalisasi.

4.3 Program atau gambaran Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Masa Mendatang

      Untuk mampu bersaing dengan negara-negara maju di belahan dunia, maka tibalah saatnya bangsa Indonesia untuk bangkit dan bersemangat untuk mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi dengan melakukan berbagai macam eksperimen dan penelitian mengenai terobosan-terobosan teknologi baru yang sangat dibutuhkan bangsa Indonesia. Dikarenakan dengan seiring perkembangan zaman yang global ini, maka Negara Indonesia harus bisa beradaptasi. Adapun program pengembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah sebagai berikut :

1. Menciptakan suatu teknologi baru yang kebih canggih untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan bangsa indonesia.
2. Pelatihan skill di bidang teknologi pada masyarakat agar mengetahui dan memahaminya dengan baik.
3. Pembentukan suatu lembaga yang berfungsi sebagai komunitas masyarakat dalam inisiatif, kreasi, dan permusyawarahan tentang pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.
4. Sosialisasi tentang pentingnya mengetahui perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
5. Kerjasama antara masyarakat dan Pemerintah tentang pengawasan dan pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi.



BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan 

      Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia pada era globalisasi ini sangat berperan penting di dalam berbagai aspek kehidupan, yaitu :

1. Pada bidang ekonomi Teknologi Informasi lebih ditujukan pada media pengelolaan dan penghitungan kegiatan perekonomian.
2. Di kawasan industri, teknologi informasi dan komunikasi difungsikan sebagai media produksi dan desainer barang hasil ciptaannya.
3. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan wahana pembelajaran dan penyampaian materi pendidikan yang cepat, tepat, dan efisien.
4. Sistem informasi geografi memberikan gambaran tentang data-data goegrafis yang akurat, cepat, dan tepat yang digunakan oleh badan meteorologi dan geofisika.
5. Internet, Televisi, Radio, Telepon, dan sejenisnya mempunyai peranan penting sebagai sarana komunikasi dan penyebaran informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

5.2 Saran

      Terkait apa yang kami temukan karya tulis ini, maka dapat merumuskan beberapa saran-saran, sbb:
1. Agar masyarakat memanfaatkan teknologi informasi secara positif dan bisa digunakan secara maksimal.
2. Belajar komputer atau teknologi informasi tidaklah sulit. Maka belajar lah mml=false

Tidak ada komentar:

Posting Komentar